9 Inspirasi Rumah Minimalis Modern Adat Bali

rumah minimalis adat bali

Indonesia tidak hanya memiliki kekayaan alam yang luar biasa, namun juga memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam salah satunya adalah rumah adat bali. Banyak dari para arsitek muda mencoba mengkombinasikan antara konsep minimalis modern dengan berbagai rumah adat yang ada di indonesia, dan hasilnya sangat menarik, salah satunya adalah rumah minimalis modern yang dikombinasikan dengan rumah adat bali.

Rumah adat bali mempunyai ciri khas dan karakter adat yang sangat melekat, sedangkan filosofi yang di anut pada rumah adat bali adalah Tri Hita Karana terdiri dari 3 aspek yaitu Parahyangan ( Hubungan dengan tuhan ) Palemahan (Hubungan dengan alam/lingkungan) dan Pawongan (Hubungan antar sesama manusia). Sehingga secara fungsional rumah adat bali selalu menerapkan ketiga aspek tersebut.

Sedangkan ciri khas rumah adat bali antara lain :

  • Jenis material rumah yang digunakan berdasarkan kasta sosial orang hindu. Seperti misal untuk kasta brahmana umumnya menggunakan tumpukan bata yang berundak-undak sedangkan petani menggunakan tembok yang berasal dari tanah liat.
  • Ukiranya memiliki banyak makna
  • Rumah adat bali berbentuk persegi panjang atau persegi
  • Rancangan desain rumah berdasarkan Asta kosala kosali
  • Mempunyai Gapura candi bentar

Itulah ciri khas rumah bali yang bisa admin jelaskan untuk sobat trenrumah, sedangkan Ada tiga makna utama yang dapat dipetik dari keberadaan dalam sebuah rumah adat bali, yaitu:

Baca Juga :

10 Inspirasi Rumah Ala Korea Minimalis Low Budget

Estetika Keberadaan angkul-angkul memberikan nilai estetika tambahan pada desain rumah tradisional Bali. Pada kenyataannya, orang Bali memiliki konsepsi yang berbeda tentang angkul-angkul untuk orang-orang dari kelas tertentu. Semakin tinggi kasta, semakin mewah desain angkul-angkul yang digunakan.

Magis Pembangunan angkul-angkul di Bali tidak dilakukan secara kebetulan. Pada saat yang sama, orang Bali percaya bahwa angkul-angkul seperti mulut rumah. Dengan mulut tertutup, tidak ada yang bisa masuk, bahkan apapun yang berbau sihir.

Keamanan Keberadaan angkul-angkul juga berperan penting dalam menjaga keamanan. Setiap angkul-angkul selalu diiringi oleh apit lawang di depan. Apit Lawang dimaksudkan sebagai pelindung dari segala ancaman terhadap pemilik rumah. Biasanya, apit lawang dapat berbentuk arca druapala, berbadan besar dan membawa gada sebagai senjata.

Berikut Desain rumah minimalis Adat Bali :

rumah minimalis adat bali
rumah modern adat bali
rumah modern adat bali
rumah modern adat bali
rumah minimalis bali

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.