9 Inspirasi Membuat Kebun Sayur di Rumah

kebun sayur

Pekarangan rumah umumnya ditanami berbagai macam tanaman hias, namun bagaimana jika pekarangan rumah anda ditanami berbagai macam sayuran. Disamping rumah anda nampak sejuk dan segar, keuntungan menanam sayur di pekarangan rumah anda adalah menghemat belanja untuk membeli berbagai kebutuhan stok sayuran anda. Beberapa tanaman sayur yang bisa anda coba dalam membuat kebun sayur di rumah adalah kangkung, kacang polong, cabai, daun bawang, dan paprika. Apalagi sekarang mudah sekali untuk mendapatkan benih sayuran, bisa anda beli di berbagai macam paltform E-Commerce, anda juga bisa membeli benih sayuran disini.

Setelah anda membeli benih sayuran sesuai dengan selera anda, maka tentu langkah selanjutnya adalah membuat kebun sayur anda sendiri di pekarangan rumah, Berikut langkah-langkahnya yang telah kami persiapkan khusus untuk sobat tren rumah dalam membuat kebun sayur :

1.Pilih Lokasi yang Tepat

Pekarangan rumah sudah pasti menjadi lahan untuk media kebun sayur anda, namun anda juga harus menentukan lokasi pekarangan rumah yang tepat seperti misal pekarangan rumah yang menurut anda kurang produktif namun memiliki lahan yang cukup untuk menanam sayur seperti contoh pekarangan rumah bagian belakang karena hanya dipakai untuk jemuran, anda bisa maksimalkan untuk membuat kebun sayur.

2. Tentukan jenis sayuran yang ingin Anda tanam

Sebelum memilih bibit tanaman, Anda harus meneliti terlebih dahulu jenis sayuran yang ingin Anda tanam.Karena beberapa sayuran dan buah-buahan memerlukan perlakuan khusus saat tumbuh. Mulailah dengan sayuran yang mudah tumbuh dan mudah beradaptasi. Anda dapat mencoba menanam selada, bayam, atau daun bawang untuk memulai kebun sayur anda.

3.Rancang atau desain kebun seperti apa yang akan anda buat

Desain kebun sayur anda seperti misal dalam bentuk vertical anda bisa menanam media sayur melalui pot gantung, namun yang pasti anda harus mengukur terlebih dahulu seberapa besar kebun sayur yang akan anda buat, kemudian antara biji yang satu dengan yang lain juga harus diberi jarak.

Baca juga :

Desain Teras Rumah Minimalis Modern

4. Mulai Menanam benih sayuran

Siapkan benih sayuran yang akan anda tanam, kemudian langkah pertama adalah gemburkan tanah dengan pacul atau sekop atau penggaruk tanah.Setelah tanah gembur campur dengan pupuk kompos atau pupuk campuran tanah yang biasa dijual kemasan sak. Kemudian setelah pupuk tercampur dengan tanah secara merata maka tahap selanjutnya adalah membuat lubang untuk menanam biji sayuran. lalu masukan biji ke dalam lubang yang anda buat dan tutup kembali dengan tanah secara merata. untuk perawatan anda bisa menyirami pagi dan sore hari.

Untuk inspirasi desain kebun sayur berikut kami bagikan khusus untuk sobat tren rumah.

kebun sayur di rumah
kebun sayur vertikal rumah
kebun sayur
kebun sayur rumah
kebun sayur rumah

Share:

3 komentar untuk “9 Inspirasi Membuat Kebun Sayur di Rumah”

  1. Pingback: 11 Ide Desain Dapur Minimalis Sederhana dan Elegan - Trenrumah

  2. Pingback: 7 Jenis Tanaman Pagar Rumah Minimalis - Trenrumah

  3. Pingback: Manfaat Gardening Hobby ( Hobi Berkebun ) - Trenrumah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *