DesainFurnitur & Dekorasi

9 Desain Stadion Sepak Bola Paling Spektakuler di Dunia

103
×

9 Desain Stadion Sepak Bola Paling Spektakuler di Dunia

Sebarkan artikel ini
9-desain-stadion-sepak-bola-paling-pektakuler-di-dunia
9-desain-stadion-sepak-bola-paling-pektakuler-di-dunia

Stadion Sepak bola di berbagai negara tentu memiliki desain yang unik. Tidak hanya berfungsi dengan baik, sebuah stadion tentunya harus kokoh dan memiliki nilai estetika tersendiri. Memang, stadion akan banyak dikunjungi orang saat pertandingan berlangsung di sana. Tampilannya jelas merupakan nilai tambah bagi mereka yang senang menonton pertandingan olahraga ini secara langsung. Berikut beberapa arena olahraga yang telah didesain secara estetis oleh arsitek ternama :

  1. Desain Stadion Sepak Bola Baku Crystal Hall, Baku, Azerbaijan
Baku Crystal Hall, Baku, Azerbaijan

Stadion fasad kristal ini dibangun hanya dalam waktu delapan bulan. Ini tentu saja membuat stadion mendapat julukan Baku Miracle, sebuah keajaiban. Stadion ini dirancang oleh firma arsitektur Jerman GMP Architekten.

Stadion ini dengan cepat dirancang dan dibangun untuk digunakan dalam Kontes Lagu Eurovision. Gedung ini digunakan sebagai stadion olahraga sekaligus gedung konser yang mampu menampung sekitar 25.000 pengunjung. Pada fasad baja transparan, sekitar 9.500 LED dipasang, yang akan membuat stadion menarik di malam hari. Lampu berwarna stadion ini terlihat seperti kristal di stadion ini.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Allianz Arena, Munich, Jerman
Allianz Arena, Munich, Jerman

Stadion ini merupakan arena olahraga paling terkenal di Jerman. Dirancang oleh Herzog & de Meuron, stadion ini terkenal sebagai kandang tim sepak bola terkenal Jerman, Bayern Munich. Sepintas stadion ini terlihat biasa saja, namun fasad yang berubah warna menjadi daya tarik wisata yang istimewa. Saat mendesain stadion ini, arsitek fokus pada 3 kunci utama, yaitu tampilan stadion bisa berubah dari segi landscape lapangan, penerimaan pengunjung dan ketiga adalah interior stadion itu sendiri.

Stadion berkapasitas 66.000 orang ini menggunakan panel berbentuk berlian pada fasadnya. 1056 panel ini menawarkan warna berbeda yang menciptakan pola ilusi yang tampak bergerak. Pintu masuk stadion yang berventilasi baik tentu memberikan stadion ini tampilan yang ramah pengguna. Meski tidak banyak dekorasi, tampilan fasad yang berwarna-warni menjadi ciri khas stadion ini.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Soccer City Johannesburg, Johannesburg, Afrika Selatan
Soccer City Johannesburg, Johannesburg, Afrika Selatan

Tentu kita masih ingat dengan lagu Waka-waka karya Shakira yang sangat sukses di tahun 2010. Yeah! Di stadion inilah Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika berlangsung. Stadion ini dirancang sebagai simbol budaya dan sejarah Afrika modern. Bangunan ini telah direnovasi dan dibangun kembali dengan indah oleh Populous.

Bagian depan stadion yang sangat unik ini dirancang dengan sistem kelongsong di mana panel papan serat yang terbuat dari bahan lokal digunakan untuk menutupi fasad bangunan. Sampulnya meliputi warna coklat dan krem ​​agar bangunan tidak terkesan monoton. Bagian kerawang membuat fasad lebih beragam dan menjadi lubang sirkulasi stadion.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Aviva, Dublin, Irlandia
Stadion Aviva, Dublin, Irlandia

Stadion ini adalah rumah bagi tim rugby dan sepak bola nasional negara tersebut. Bentuk atap melengkung yang juga menjadi bagian dari fasad menjadi daya tarik stadion ini. Selain itu, penggunaan material polikarbonat transparan pada fasad dan atap memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam bangunan.

Stadion senilai $562 juta ini dirancang oleh arsitek Populous dan Scott Tallon Walker dari Irlandia-Inggris. Stadion yang dibuka pada tahun 2010 ini memiliki kapasitas 51.700 orang. Bangunan ini juga memenangkan penghargaan internasional pada tahun 2011 dalam kategori British Building Industry Awards.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Oita Bank Dome, Oita, Jepang
Oita Bank Dome, Oita, Jepang

Stadion ini tentu menjadi saksi kemeriahan pertandingan Piala Dunia FIFA 2002. Dirancang oleh arsitek Jepang Kisho Kurokawa, stadion ini dijuluki “Bigeye”. Alasan pemberian nama ini adalah karena atap terbuka bisa dibuka tutup tergantung kondisi daerah masing-masing. Bentuk atap oval menyerupai mata raksasa.

Stadion ini juga dianugerahi sebagai stadion terbaik di planet ini pada tahun 2001 oleh Architecture Week. Bangunan ini tidak hanya indah dan megah dari luar tetapi juga dari dalam seperti koridor atau ruangan lainnya. Pada malam hari, stadion dipenuhi dengan lampu-lampu indah yang berkilauan.

Baca Juga :

Desain dan Tips Bangun Rumah Minimalis 4×6
  1. Desain Stadion Sepak Bola Nasional Beijing, Beijing, Cina
Stadion Nasional Beijing, Beijing, Cina

Stadion yang dibuka pada tahun 2008 ini digunakan untuk Olimpiade Musim Panas di Beijing. Stadion ini dikenal sebagai sarang burung, yang berarti sarang burung. Memang, bagian luar stadion terbuat dari wire mesh yang membentuk sarang. Stadion ini juga merupakan salah satu stadion terindah di dunia.

Desainer Herzog & de Meuron dan Ai Weiwei membiasakan diri dengan desain Cina. Dari filosofi hingga kesan keramik, inilah yang menjadi dasar desain stadion ini. Stadion ini memiliki panjang 320 meter, tinggi 70 meter dengan kapasitas 100.000 penonton. Stadion ini juga banyak dikunjungi orang karena telah menjadi ikon bagi masyarakat dan wisatawan.

  1. Desain Stadion Sepak Bola AAMI Park, Melbourne, Australia
AAMI Park, Melbourne, Australia

Bentuk luar stadion dengan siluet kubah geodesik ini memenangkan penghargaan Stadion Ikon Dunia pada Upacara Penghargaan Stadion Dunia tahun 2012. Bentuk bioframe uniknya kuat namun selalu indah.

Stadion itu sendiri baru dibuka pada pertengahan 2010 dan memiliki 30.050 kursi. Bangunan ini dirancang oleh firma arsitektur Australia, Cox Architecture. Situs itu sendiri adalah rumah bagi tim olahraga dari Australia termasuk pemain rugby Melbourne Storm dan pemain sepak bola seperti Melbourne Victory FC. Selain sebagai stadion olahraga, tempat ini juga bisa digunakan untuk menggelar konser, seperti pada tahun 2011 pernah digunakan untuk konser Foo Fighter, Wasting Light World Tour.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris
Stadion Queen Elizabeth Olympic Park, London, Inggris

Dikenal sebagai Stadion Olimpiade, ini adalah tempat diselenggarakannya Olimpiade Musim Panas dan Paralimpiade London 2012. 80.000. Bentuk stadion seperti mahkota ratu tentu menarik perhatian publik. Stadion ini juga dinominasikan untuk “Penghargaan Stirling RIBA Bergengsi untuk Arsitektur” pada tahun 2012.

Stadion ini dirancang dengan bingkai segitiga runcing sehingga terlihat seperti mahkota yang dimahkotai. Segitiga runcing yang mencolok juga menampung lampu stadion. Dengan rangka berlapis baja, tidak hanya eksteriornya yang terlihat cantik, atapnya juga terlihat memukau dari dalam stadion.

  1. Desain Stadion Sepak Bola Timsah Arena, Bursa, Turki
Timsah Arena, Bursa, Turki

Klub Liga Nasional Turki, Bursaspor memiliki stadion baru dengan desain yang sangat unik. Stadion ini bernama Timsah Arena dan resmi dibuka pada tahun 2015. Timsah Arena sangat unik karena memiliki desain berbentuk buaya raksasa.

Stadion ini memiliki kapasitas 43.331, menjadikannya stadion terbesar ke-4 di Turki. Tak hanya itu, Timsah Arena juga dilengkapi dengan 70 suite dan 84 pintu masuk, serta 207 kursi khusus untuk penonton difabel.

Itu tadi desain stadion sepak bola yang telah trenrumah rangkum untuk anda. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan atau bahkan menginspirasi anda dalam merancang bangunan impian anda.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *