Home Living

Smart Home Solusi Masa Depan Rumah Anda

32
×

Smart Home Solusi Masa Depan Rumah Anda

Sebarkan artikel ini
Smart Home
Smart Home

Definisi smart home atau rumah pintar sendiri, adalah bangunan otomasi untuk rumah. Melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, pemanasan (seperti smart thermostat), ventilasi, pendingin udara (HVAC), dan keamanan, serta peralatan rumah tangga seperti mesin cuci/pengering, oven atau lemari es/freezer. Biasanya, dapat dikontrol melalui perangkat komputer tablet atau desktop, aplikasi ponsel, atau antarmuka Web yang juga dapat diakses di luar lokasi melalui Internet.

Ketika kita menelisik sejarah smart home awalnya dimulai pada tahun 1990-an. Karena pada tahun tersebut, listrik mulai diperkenalkannya sampai ke tingkat rumah tangga. sehingga banyak bermunculan alat rumah tangga seperti mesin cuci (1904), pemanas air (1889), lemari es (1913), mesin jahit, pencuci piring, dan pengering pakaian.

Alat-alat yang biasanya menjadi simbol dari smart home ialah:

  1. Heating, Ventilation and Air Conditioning (HVAC)

Dengan adanya HVAC, memungkinkan anda dalam memiliki kendali jarak jauh untuk semua pemanasan, ventilasi dan penyejuk udara yang ada di rumah anda. Hanya dengan menggunakan smart phone yang anda miliki, anda dapat mengontrol pemanasan, ventilasi dan penyejuk udara dengan sekali sentuh.

  1. Lighting Control System

Lighting Control System adalah solusi kontrol pencahayaan berbasis jaringan. Dalam hal ini, baik online maupun offline. Sistem kontrol pencahayaan yang banyak digunakan pada lampu indoor dan outdoor pada kantor, pabrik, dan rumah. Sistem kontrol pencahayaan kadang-kadang disebut dengan istilah “smart lighting”. Lighting Control System berfungsi dalam memberikan jumlah cahaya yang tepat pada suatu lokasi dan waktu yang diinginkan.

  1. Home Robots and Security

Sistem keamanan rumah tangga yang terintegrasi dengan sistem otomatisasi rumah dapat memberikan layanan tambahan seperti pengawasan jarak jauh kamera keamanan melalui Internet, atau kontrol akses dan penguncian semua pintu dan jendela.

  1. Pet and Baby Care Smart Control

Sistem Pet and Baby Care Smart Control memudahkan anda dalam melacak pergerakan hewan peliharaan dan bayi. Dengan adanya sistem ini juga, dapat mengontrol hak akses hewan peliharaan agar tidak memasuki ruangan yang anda inginkan. Dan masih banyak lagi alat maupun fitur untuk rumah pintar anda.

Baca Juga : Tips dan Desain Ruang Tamu Minimalis Modern

Pada era saat ini, smart home sangat diperlukan dalam mengelola rumah kita. Dengan adanya sistem pintar tersebut kita dapat menghemat waktu dan tenaga. Apalagi, saat kita sedang liburan, atau sedang melakukan perjalanan dinas yang jauh. Kita dapat mengontrol rumah kita dimanapun dan kapanpun.

Gimana sobat trenrumah? apakah anda tertarik?? ayo segera pasang untuk melengkapi fitur modern rumah idaman kalian.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *