Ragam Konsep Desain Interior Populer

ragam konsep desain interior rumah

konsep desain interior yang berbeda-beda pada setiap rumah atau hunian pasti mempunyai pilihan gaya desain yang sesuai selera, terlepas dari ukuran maupun bentuk desain rumah. Tanpa disadari juga bahwa deain interior juga mempunyai efek atau pengaruh mood bagi hunian, misal desain interior yang estetis berpengaruh juga dalam menentukan suasana rumah yang nyaman dan berdampak pada happiness si penghuninya. Oleh Karenanya, konsep desain interior mempunyai peranan yang sangat penting bagi si empunya rumah, desain interior ibarat “ruh” nya sebuah rumah.

Desain interior terdiri dari dua kata yaitu “desain” dan “interior”. Dalam KBBI, desain berarti “bingkai; desain”, jadi desain adalah kegiatan membentuk desain, namun arti kata desain tidak dapat dijelaskan secara sederhana itu. Desain adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris, khususnya “desain”.

Definisi kamus Oxford tentang desain sendiri adalah rencana atau gambar yang dibuat untuk mewakili penampilan dan fungsi dari sebuah bangunan, garmen atau benda lain sebelum benar-benar dibuat. Dapat disimpulkan bahwa desain adalah kegiatan merancang sesuatu sebelum benar-benar dibuat agar nantinya benda yang telah dirancang tersebut fungsional dan menarik. Sedangkan Interior dalam KBBI sendiri adalah interior bangunan (ruangan, dll) atau penataan perabot (hiasan, dll) di dalam ruangan bangunan, dll. Oleh karena itu, cukup jelas apa arti interiornya.

Dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah perancangan interior beserta elemen elemenya sebelum sebuah bangunan dibuat sepenuhnya, dengan tujuan agar interior sebuah bangunan berfungsi dengan baik dan terlihat menarik.

Macam-Macam Desain Interior

Sebuah konsep desain interior juga bisa mewakili dari selera maupun juga kepribadian dari kita, alangkah baiknya jika kita membuat perencanaan atau ide mengenai interior rumah hendaknya bisa di konsultasikan pada jasa interior rumah, agar nantinya kita juga bisa belajar banyak mengenai desain interior pada ahlinya. Berikut akan kami jelaskan mengenai macam-macam desain interior beserta contoh gambarnya.

Kontemporer

Konsep desain interior

Desain interior Kontemporer menunjukkan apa yang sedang tren sat ini, dapat dikatakan bahwa adaptasi kontemporer terhadap konsep modern. Oleh karena itu, tidak heran bila interior kontemporer sulit dibedakan dengan interior modern. Karena furnitur kontemporer bisa memunculkan estetika terkini dan modern.

Minimalis

Konsep desain interior

Gaya desain ini menggunakan pilihan warna netral dengan tujuan ruangan yang sempit terlihat menjadi lebih luas, karakter lain desain interior minimalis adalah furnitur sederhana dan elegan serta beberapa aksesori yang sangat sederhana.

Industrial

Konsep desain interior

Bangunan industri sering terlihat belum selesai atau tanpa finishing. Hal ini terlihat pada batu bata yang tanpa pleseter atau langit-langit rumah yang dibiarkan terbuka.ciri khas lain dari industrial adalah penggunaan lampu gantung yang sangat khas seperti layaknya pabrik-pabrik tempo dulu.

Baca Juga : 7 Ide rumah industrial kekinian

Scandinavian

Konsep desain interior

Pencahayaan alami yang bagus berkat jendela besar, minim aksesori, dan pilihan furnitur yang fungsional menjadi ciri khas desain Skandinavia. Desain furnitur Skandinavia seringkali terlihat estetis seperti karya seni, meski sederhana.

Tradisional

Konsep desain interior

Desain interior bangunan bergaya tradisional adalah yang mengutamakan material alami seperti kayu dan dipoles dengan ukiran yang rumit dan material alami lainnya serta penataan ruang secara tradisional.

Bohemian

Konsep desain interior

Rumah bergaya bohemian sering didekorasi dengan furnitur antik dan menampilkan lampu antik, permadani, dan barang koleksi vintage lainnya.

Rustic

Pada umumnya furniture yang digunakan pada gaya rustic dibuat secara handmade dengan bentuk dan pola yang sederhana. Konsep arsitektur terinspirasi dari struktur bangunan pedesaan.

Modern

Desain interior modern, merupakan gaya dengan tren kekinian, ditandai dengan ruangan yang tidak banyak menggunakan dekorasi degan tujuan untuk terkesan elegan dan simple.

Shabby Chic

Shabby chic adalah gaya yang didasarkan pada estetika klasik, tetapi dibandingkan dengan gaya bohemian dan gaya lainnya cenderung lebih feminin dan lembut.

Share:

1 komentar untuk “Ragam Konsep Desain Interior Populer”

  1. Pingback: Desain Interior Ruang Tamu Minimalis Sederhana Kekinian - Trenrumah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *