Desain Rumah Scandinavian Elegan dan Modern

desain rumah industrial

Rumah Skandinavia merupakan gaya rumah sederhana yang diambil dari model bangunan di negara-negara Nordik atau Skandinavia. Konsep bangunannya cenderung lebih minimalis dan menggunakan warna-warna primer seperti putih, coklat, hijau, dll. Konsep hunian ini sangat cocok bagi mereka yang mencari kesederhanaan dan fungsionalitas sebuah rumah. Wilayah Skandinavia sendiri meliputi beberapa negara Eropa antara lain Norwegia, Denmark, Islandia, Finlandia dan Swedia. Negara-negara tersebut terletak di kawasan Skandinavia dengan desain gaya konstruksi yang indah. Saat ini, desain Skandinavia sangat populer dan banyak diterapkan di rumah-rumah masa kini.

Salah satu daya tarik yang membedakan desain rumah Skandinavia dengan desain minimalis lainnya adalah konsep alam dan lingkungan yang tidak terpisahkan dengan kata lain bahwa konsep yang menggabungkan unsur lingkungan alam dengan rumah tinggal yang merupakan sebiah satu kesatuan. Konsep rumah yang cenderung semi terbuka dan terang, serta mengandalkan cahaya alami, menjadi salah satu prinsip yang banyak diterapkan pada desain ini.

Orang Skandinavia sangat mencintai alam dan ingin hidup selaras dengan lingkungan alam. Oleh karena itu, unsur alam bangunan mudah ditemukan pada desain ini. karakteristik dari rumah scandinavian antara lain, sebagai berikut :

Terbuat dari kayu Melanjutkan poin sebelumnya, rumah Skandinavia juga kerap menggunakan material alami sebagai bagian dari bangunannya. Selain kayu, material yang paling sering digunakan adalah kaca, jadi penerangan rumah dengan model scandinavian sangatlah baik walaupun ditempat yang lembab dan jarang ada pencahayaan.

Jendela Besar Penggunaan jendela berukuran besar, bahkan hampir sebesar dinding rumah, menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi sebuah karakter dari konsep scandinavian.

Baca Juga : 9 Inspirasi Rumah Ala Korea Low Budget

Warna Netral Beragam warna cat minimalis memiliki banyak pilihan, namun rumah Skandinavia lebih memilih warna netral yang menenangkan. Penggunaan warna-warna netral dinilai mampu menjaga kesederhanaan dan keharmonisan dengan alam. Rumah lebih modern dan elegan dengan penggunaan warna netral.

Bahan Rumah Ramah Lingkungan 

Eco-house atau rumah ramah lingkungan mengacu pada konsep rumah yang dibangun dengan memanfaatkan potensi alam secara maksimal seperti halnya desan rumah scandinavian, jadi tak heran jika rumah gaya scandinavian memiliki konsep yang menyatu dengan alam lingkunganya, sekaligus menerapkan gaya hidup berkelanjutan di dalamnya. Dengan kata lain, rumah dengan konsep ramah lingkungan tidak “merusak” karena dibangun dengan material yang mampu bersinergi dengan alam.

Keindahan arsitektur dan desain Skandinavia terletak pada kesederhanaannya. Tidak ada detail atau dekorasi yang berlebihan, tidak penting atau tidak perlu, seperti di rumah model ini. Cahaya alami penting di wilayah Skandinavia, terutama selama bulan-bulan musim dingin, karena memberikan kontribusi bagi kesehatan, kesejahteraan, dan produktivitas penghuninya. Akibatnya, jendela ceruk berukuran penuh berjejer di sisi Skandinavia rumah untuk menangkap sinar matahari tengah hari sebanyak mungkin.

Berikut ini contoh dan inspirasi rumah dengan gaya scandinavian yang mungkin sobat rumah impikan untuk membangun rumah dengan konsep yang menyatu dengan, singkat kata seperti desain rumah scandinavian..

desain rumah scandinavian
desain rumah scandinavian
desain rumah scandinavian
desain rumah scandinavian

Share:

1 komentar untuk “Desain Rumah Scandinavian Elegan dan Modern”

  1. Pingback: Inspirasi Desain Rumah Kontemporer Minimalis - Trenrumah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *