9 Model Pintu Rumah Minimalis Elegan dan Terbaru

model pintu rumah minimalis

Pintu rumah minimalis merupakan bagian terpenting dari sebuah rumah, terlepas dari model atau desain yang dipakai, pintu secara fungsi normatifnya adalah sebagai bagian dari aspek keamanan rumah. Sedangkan pada saat ini fungsi pintu tidak hanya sekedar untuk membuat rumah anda lebih aman ataupun sebagai jalur utama untuk memasuki sebuah rumah maupun ruangan di dalam rumah. Pintu rumah juga memiliki peranan penting dalam keindahan sebuah rumah. pada artikel ini kita akan bahas dulu mengenai ragam atau jenis-jenis pintu yang sering dipakai dalam sebuah rumah minimalis, antara lain :

1.Pintu Panel

Pintu terbuat dari beberapa komponen papan kayu dengan harga terjangkau dan desain fleksibel. Pintu ini terdiri dari dua bagian yaitu kusen( Bingkai) dan panel.

2. Sliding door atau Pintu Geser

Pintu geser merupakan pintu yang umumnya terbuat dari bingkai kayu dengan memiliki sebuah rel atau jalur yang memudahkan pintu ini untuk di geser ke samping.

3. Screen Door

Model pintu ini digunakan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah minimalis anda. Selain itu, karena sekatnya berlubang, udara segar dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah.

4.Folding Door

Pintu ini tidak seperti pintu pada umumnya, namun bisa dilipat secara horizontal dan pintu ini biasanya memakai bahan kaca dengan bingkai kayu atau besi. Pintu ini dapat digunakan sebagai partisi yang memisahkan dua ruangan yang berbeda, sehingga menciptakan kesan rumah yang luas.

5.French Door

Pintu ini merupakan pintu berengsel ganda dengan panel kaca di tengahnya. Mirip dengan pintu geser atau sliding, pintu ini sering digunakan untuk memberikan banyak cahaya alami yang masuk ke dalam rumah minimalis anda.

Baca Juga : Hemat Budget dengan Furniture Multifungsi

6. Pintu Flush

Pintu ayun atau flush dengan desainnya yang ramping dan sederhana biasanya dipakai pada bangunan modern, sedangkan pintu panel banyak ditemukan pada bangunan tradisional. Ketika diperkenalkan pada awal 1900-an, pintu ayun adalah pintu kayu yang terbuat dari kayu lunak di bagian dalam dan tepinya dibingkai dengan kayu keras yang lebih keras. Kemudian ditutup dengan veneer atau kayu lapis.

7. Pintu Plipit

Pintu ini sekilas memang mirip sebuah gerbang, namun pintu ini terbuat dari bilah-bilah kayu yang disusun sejajar satu sama lain, pintu ini akan lebih sering terlihat di tempat-tempat seperti peternakan. Pintu jenis ini sudah jarang digunakan saat ini dengan desain yang sederhana.

Itulah bahasan sekilas mengenai ragam model atau jenis pintu yang umum dipakai pada bangunan rumah, berikut akan kami share mengenai model pintu yang cocok untuk rumah minimalis anda.

c
pintu rumah
pintu rumah minimalis
pintu rumah minimalis
pintu rumah minimalis
pintu rumah minimalis
pintu rumah minimalis

Share:

Leave a Comment

Your email address will not be published.