Tegel: Jenis, Kelebihan, dan Cara Pemasangan

Tegel merupakan salah satu bahan bangunan yang sering digunakan untuk lantai atau dinding rumah. Tegel memiliki berbagai jenis, seperti tegel/ubin keramik, granit, dan marmer. Setiap jenis tegel/ubin memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, sehingga dengan bijak sesuai kebutuhan.

Salah satu kelebihan tegel/ubin adalah daya tahan yang tinggi terhadap air dan cuaca. Selain itu, juga mudah dibersihkan dan tahan terhadap goresan. Namun, tegel/ubin perlu terpasang dengan benar agar tidak mudah retak atau pecah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasang tegel/ubin, seperti memilih semen plester yang tepat, mengatur pola pemasangan dengan rapi, dan melakukan perawatan rutin agar tetap awet. Selain itu, perlu juga memperhatikan ketebalan dan ukuran yang akan pasang agar sesuai dengan konstruksi bangunan.

Memilih tegel/ubin yang tepat dan memasangnya dengan benar dapat memberikan dampak yang besar pada keindahan dan kenyamanan rumah Anda. Oleh karena itu, sebelum membeli tegel/ubin, pastikan untuk mempertimbangkan jenis, kelebihan, dan cara pemasangan yang tepat.

Selain itu, ketika memilih tegel/ubin, penting juga untuk mempertimbangkan faktor keamanan dan kesehatan. Beberapa jenis tegel/ubin dapat menjadi licin ketika terkena air atau minyak, sehingga dapat menimbulkan bahaya jika tidak sobat tren rumah perhatikan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih tegel/ubin yang memiliki daya gesek yang baik atau menggunakan anti slip coating untuk menghindari kecelakaan.

Kelebihan Tegel

tegel lantai

Tegel/ubin memiliki berbagai kelebihan yang menjadikannya salah satu bahan bangunan yang populer dan banyak digunakan, di antaranya adalah:

Daya Tahan yang Tinggi

Memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap goresan, retak, dan benturan. Hal ini membuatnya cocok pada penggunaan area dengan tingkat aksesibilitas yang tinggi atau sering terkena beban berat.

Mudah dibersihkan

Mudah dibersihkan dan tahan terhadap noda dan kotoran. Hal ini membuatnya cocok dalam hal penggunaan pada area dengan tingkat kebersihan yang tinggi, seperti kamar mandi atau dapur.

Tahan Terhadap Air

Tahan terhadap air, sehingga cocok sobat tren rumah gunakan pada area yang sering terkena air, seperti kamar mandi, kolam renang, atau area outdoor.

Tersedia dalam Berbagai Macam Ukuran dan Warna

Tersedia dalam berbagai macam ukuran, bentuk, dan warna yang dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Hal ini memberikan banyak pilihan bagi pemilik rumah dalam merancang tampilan dan desain rumah.

Baca Juga : Desain Roster Rumah Minimalis Kekinian

Mudah dipasang

Tegel/ubin mudah pada proses pemasangannya dan dapat dilakukan oleh orang yang memiliki sedikit pengalaman dalam bidang pemasangan bahan bangunan.

Tahan Terhadap Cuaca

Seperti tegel/ubin granit atau marmer juga tahan terhadap perubahan cuaca dan dapat sobat tren rumah gunakan pada area luar ruangan seperti teras atau halaman.

Estetis dan Elegan

Tegel/ubin dapat memberikan tampilan estetis dan elegan pada rumah. Beberapa jenis tegel/ubin seperti marmer atau granit memberikan tampilan yang mewah dan menarik pada lantai atau dinding.

Tahan Lama

Dengan perawatan yang tepat, tegel/ubin dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama, sehingga menghemat biaya perawatan dan penggantian.

Namun, meskipun tegel/ubin memiliki banyak kelebihan, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu sobat tren rumah perhatikan. Salah satunya adalah biaya yang lebih mahal jika perbandiingannya adalah dengan bahan bangunan lainnya seperti vinyl atau kayu laminasi. Selain itu, tegel/ubin juga cenderung lebih dingin dan kurang nyaman untuk digunakan pada musim dingin atau di daerah dengan iklim yang lebih dingin.

Kesimpulannya, tegel/ubin merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki banyak kelebihan, seperti daya tahan yang tinggi, mudah proses pembersihannya , dan tahan terhadap goresan. Namun, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan, penting untuk memperhatikan jenis tegel/ubin yang dipilih, cara pemasangan yang tepat, serta faktor keamanan dan kesehatan. Dengan memilih tegel/ubin yang tepat dan memasangnya dengan benar, Anda dapat menciptakan tampilan yang menarik dan estetis pada rumah Anda.

Jenis dan Macam Tegel/Ubin

Tegel/ubin adalah salah satu bahan bangunan yang sering pada pemasangan untuk lantai atau dinding rumah. Ada beberapa jenis dan macam tegel/ubin yang dapat sobat trenrumah pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera, sebagai berikut :

Tegel/Ubin Keramik

Jenis tegelubinbyang terbuat dari tanah liat atau bahan keramik yang melalui proses dengan suhu tinggi. Selain itu memiliki berbagai macam ukuran, warna, dan tekstur yang dapat anda sesuaikan dengan selera. Tegel/ubin keramik biasanya untuk pemasangan pada lantai, dinding, atau kamar mandi.

Tegel/Ubin Beton

Merupakan jenis tegel/ubin yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan pengisi lainnya. Selain itu juga memiliki daya tahan yang cukup tinggi dan tersedia dalam berbagai macam ukuran dan warna. Tegel/ubin beton biasanya untuk lantai atau dinding eksterior seperti carport, teras, atau halaman.

Tegel Vinyl

Merupakan jenis tegel/ubin yang terbuat dari bahan plastik PVC (polyvinyl chloride) untuk menyerupai kayu atau batu alam. Tegel/ubin vinyl memiliki berbagai macam pola dan warna, tahan terhadap air, dan mudah pada saat pemasangan. Tegel/ubin vinyl biasanya untuk lantai dalam ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, atau dapur.

Itulah beberapa jenis dan macam tegel/ubin yang dapat sobat trenrumah pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera. Setiap jenis tegel/ubin memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda, sehingga perlu sobat trenrumah pilih dengan bijak sesuai dengan kondisi dan kebutuhan ruangan.

Cara Pemasangan Tegel/Ubin

1. Bersihkan area kerja tempat tegel/ubin yang akan dipasangi

Pastikan lantai kerja rata, selain itu pastikan permukaan yang akan terpasangi tegel/ubin bersih dari debu, kotoran, minyak, atau bahan lainnya yang dapat mengganggu

2. Sebelum pemasangan, rendam ubin selama 10 menit

Tujuan merendam ubin sebelum pemasangan ubin adalah agar pori-pori ubin dapat menyerap air sehingga nantinya pada proses pemasangan ubin tidak akan terserap oleh adukan semen untuk membantu merekatkan ubin pada permukaan lantai dan dinding. 

3. Menggunakan semen plester instan

karena kualitas semen lebur terjamin.Ketebalannya hanya 0,3 hingga 0,5 cm selama konstruksi, yang akan menghemat waktu konstruksi. Jika menggunakan plester biasa (campuran semen, pasir dan air), ketebalan plester mencapai 3 cm.

4. Pemasangan Tegel/ubin

Jangan lupa untuk mengetuk permukaannya dengan ringan agar lantai dan nat menyatu.

5. Pasang Nat

Pilih nat dengan warna yang sama dengan pola tegel/ubin.

6. Untuk Memperbaiki Tampilan Agar Mengkilap

tambahkan proses poles tegel/ubin. Sehingga tegel/ubin tidak nampak kusam dan lebih berkilau.

Share:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *