Interior

Panduan Lengkap Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah

25
×

Panduan Lengkap Cara Pasang Wallpaper Dinding Rumah

Sebarkan artikel ini
cara pasang wallpaper dinding
cara pasang wallpaper dinding

Pendahuluan

Dalam dekorasi rumah, wallpaper dinding dapat memberikan sentuhan yang menarik dan mengubah tampilan ruangan secara keseluruhan. Namun, pemasangan wallpaper dinding memerlukan beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar hasil akhirnya tampak sempurna. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara pasang wallpaper dinding rumah, mulai dari persiapan hingga tahap akhir.

cara pasang wallpaper dinding

Persiapan

Sebelum memulai pemasangan wallpaper dinding, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk memastikan hasil yang optimal. Berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti:

a. Pilih Wallpaper yang Tepat: Pertama, tentukan gaya dan desain wallpaper yang ingin Anda gunakan. Sesuaikan dengan tema dan suasana ruangan yang diinginkan. Pilih wallpaper dengan kualitas baik dan pastikan motifnya cocok dengan selera dan kebutuhan Anda.

b. Ukur dan Hitung Kebutuhan: Wallpaper Ukur dinding yang akan dipasangi wallpaper dengan teliti. Gunakan pita pengukur dan catat ukurannya. Perhatikan pintu, jendela, atau sambungan dinding agar dapat menghitung kebutuhan wallpaper secara akurat. Jangan lupa tambahkan beberapa inci ekstra untuk keperluan pemotongan dan kesalahan.

c. Persiapkan Alat dan Bahan: Pastikan Anda memiliki semua alat dan bahannya sebelum memulai. Beberapa peralatan yang mungkin Anda perlukan antara lain:

  • Cutter atau pisau tajam
  • Penggaris
  • Kertas pasir halus
  • Gergaji
  • Kuas
  • Lem wallpaper
  • Roller atau alat penghalus dinding
  • Ember air dan spons
cara pasang wallpaper dinding

Persiapan Dinding

Sebelum pasang wallpaper, langkah berikutnya adalah mempersiapkan dinding agar permukaannya siap untuk menerima wallpaper dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

a. Bersihkan Dinding: Pastikan dinding dalam kondisi bersih dan bebas dari debu, kotoran, atau noda. Gunakan kain lembut atau spons dengan air hangat untuk membersihkannya. Jika ada noda yang sulit dihilangkan, gunakan deterjen ringan untuk membersihkannya.

b. Haluskan Permukaan Dinding: Jika ada noda atau permukaan dinding yang tidak rata, gunakan kertas pasir halus untuk menghaluskannya. Usahakan dinding benar-benar rata agar wallpaper dapat menempel dengan baik.

c. Primer Dinding (Opsional): Jika dinding Anda terbuat dari bahan yang mudah menyerap air atau memiliki permukaan yang kasar, Anda dapat menggunakan primer dinding. Primer akan membantu wallpaper menempel lebih baik dan mencegah kelembapan meresap ke dalam wallpaper.

cara pasang wallpaper dinding

Pemasangan Wallpaper

Setelah persiapan dinding selesai, saatnya memasang wallpaper. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan yang perlu diikuti:

a. Potong Wallpaper: Gunakan ukuran yang telah diukur sebelumnya sebagai panduan untuk memotong wallpaper sesuai dengan ukuran dinding. Gunakan penggaris dan pisau tajam atau cutter untuk memotong wallpaper dengan presisi. Pastikan untuk memotong wallpaper dengan sedikit cadangan di bagian atas dan bawah untuk memastikan kecocokan yang tepat saat terpasang.

b. Oleskan Lem Wallpaper: Oleskan lem wallpaper secara merata pada bagian belakang wallpaper dengan menggunakan kuas. Pastikan seluruh permukaan wallpaper terlapisi lem dengan baik, tetapi jangan terlalu berlebihan agar tidak menggumpal.

c. Pasang Wallpaper: Tempelkan wallpaper pada dinding dengan hati-hati dan perlahan. Mulailah dari bagian atas dinding dan ratakan secara perlahan ke bawah menggunakan roller atau alat penghalus dinding. Pastikan wallpaper terpasang dengan rapi dan tanpa ada gelembung udara di dalamnya. Jika terjadi kesalahan saat pemasangan, lepaskan wallpaper perlahan dan tempelkan kembali dengan hati-hati.

d. Potong dan Sambung Wallpaper: Ketika mencapai bagian sudut, jendela, atau pintu, potong wallpaper dengan hati-hati untuk mengikuti bentuk permukaan tersebut. Gunakan pisau tajam atau cutter dan penggaris untuk memotong wallpaper secara akurat. Untuk sambungan wallpaper, tumpangkan ujung wallpaper yang satu dengan yang lain secara rapi. Gunakan cutter untuk memotong sambungan tersebut dengan presisi.

e. Selesaikan dengan Rapi: Setelah seluruh wallpaper terpasang, periksa kembali apakah ada gelembung udara atau lipatan atau tidak. Jika perlu, gunakan roller atau alat penghalus dinding untuk meratakan wallpaper dengan lebih baik. Periksa juga sambungan wallpaper dan pastikan agar tidak terlihat jelas.

cara pasang wallpaper dinding

Perawatan Wallpaper

Setelah pemasangan selesai, perhatikan beberapa tips perawatan agar wallpaper tetap terlihat indah dan awet:

a. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung: Usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung pada wallpaper. Sinar matahari dapat memudarkan warna dan merusak tekstur wallpaper seiring berjalannya waktu. Gunakan tirai atau gorden untuk melindungi wallpaper dari sinar matahari yang berlebihan.

b. Bersihkan dengan Lembut: Untuk membersihkan wallpaper, gunakan kain lembut atau spons yang sedikit lembab. Hindari penggunaan bahan pembersih yang keras atau berbutir, karena dapat merusak permukaan wallpaper.

c. Perbaiki dengan Cermat: Jika terjadi kerusakan kecil seperti robekan kecil atau noda, segera perbaiki dengan hati-hati. Gunakan lem wallpaper untuk merekatkan bagian yang rusak atau coba bersihkan dengan cara yang lembut.

Baca Juga: Bosan dengan Warna Cat Tembok? Ganti aja Wallpaper Dinding

cara pasang wallpaper dinding

Kesimpulan

Pemasangan wallpaper dinding rumah adalah proses yang memerlukan persiapan dan ketelitian. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat memasang wallpaper dengan hasil yang optimal. Ingatlah untuk memilih wallpaper yang sesuai dengan gaya dan tema ruangan Anda, serta melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga keindahan dan keawetan wallpaper Anda. Dengan demikian, ruangan Anda akan terlihat lebih menarik dan nyaman dengan sentuhan wallpaper yang indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *