10 Tips Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas

renovasi rumah budget terbatas

Renovasi rumah adalah cara yang paling tepat untuk membuat rumah Anda lebih layak huni dan estetis. Tapi renovasi rumah bisa menjadi mahal, terutama jika Anda tidak mempunyai perencanaan yang matang. Untungnya, ada beberapa tips yang dapat sobat tren rumah bisa melakukan renovasi dengan budget terbatas. Renovasi rumah adalah proses memperbaiki interior dan eksterior rumah, seringkali dengan tujuan menciptakan ruang yang lebih bermanfaat atau menarik. Renovasi dapat dilakukan untuk memenuhi standar rumah baru atau membuat ruang tambahan. Berikut beberapa tips dengan budget terbatas khusus buat sobat trenrumah :

renovasi rumah dengan budget terbatas

1.Tetapkan Anggaran

Anggaran renovasi merupakan faktor penting dalam keberhasilan renovasi rumah Anda. Anda tidak bisa mendapatkan semua hal yang Anda inginkan dan butuhkan jika Anda tidak memiliki cukup uang, jadi penting untuk memastikan Anda menetapkan anggaran yang realistis untuk proyek Anda.

Saat menetapkan anggaran untuk proyek Anda, penting untuk memperhitungkan biaya bahan, tenaga kerja, dan izin atau apa pun yang mungkin diperlukan. Anda juga harus mempertimbangkan bahwa biaya tak terduga mungkin muncul selama proses tersebut.

2.Lakukan Riset Harga Untuk Renovasi Rumah

Langkah pertama adalah membuat daftar semua hal yang perlu anda butuhkan saat renovasi di rumah Anda. Langkah selanjutnya adalah mengunjungi berbagai situs web dan mengumpulkan informasi tentang harga barang-barang yang anda butuhkan saat renovasi. Anda juga dapat meminta masukan kepada teman atau keluarga terkait rekomendasi daftar harga material yang paling murahyang anda bisa dapatkan. Namun, bisa juga anda langsung cek sendiri ke beberapa toko bangunan untuk melkaukan riset harga material paling murah.

3.Mulailah dari hal kecil

Karena dengan budget terbatas mulailah dari yang kecil seperti mengecat ruangan sendiri. Dalam hal ini, Anda bisa mulai dengan perubahan paling kecil seperti mengganti warna cat ruangan tamu atau ruangan yang lainnya di waktu luang anda.

4.Cari kontraktor yang Profesional

Berhati-hatilah dalam memilih kontraktor untuk renovasi rumah anda karena kontraktor yang sudah berpengalaman biasanya dalam bekerja selalu mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam bekerja. anda bisa coba website arsitag untuk mencari kontraktor sesuai lokasi anda.

5.Selektif dalam Memilih Material

Jika anggaran Anda terbatas, cobalah untuk menghindari bahan mahal seperti batu atau kayu.

6.Gunakanlah Apa yang Sudah Ada

Seperti furnitur lama agar nampak baru lagi mungkin anda bisa merubah warna catnya atau merubah sedikit bentuk aslinya agar seperti furniture baru.

7.Maksimalkan Ruang Penyimpanan

Misalnya, di dapur, buatlah banyak lemari atau laci untuk menampung berbagai barang.Agar terlihat bagus, sesuaikan warna tempat penyimpanan dengan warna cat tembok, atau tergantung kesukaan Anda. Jika budget Anda terbatas, Anda bisa mencoba mencari furniture bekas yang masih layak pakai.

8.Aplikasikan Warna Putih di seluruh Ruangan

Biasanya cat putih cenderung lebih mudah didapatkan dan juga lebih murah. Anda dapat merenovasi rumah Anda secara murah dengan menutupi seluruh ruangan dengan warna putih. Dengan cara ini, furnitur berwarna-warni lainnya di rumah akan lebih menonjol.

9.Pakai Tenaga Kerja Bangunan dengan Sistem Upah Harian

Sistem gaji harian ini dapat dibayarkan bulanan/mingguan tergantung kesepakatan antara Anda dan mandor. Sistem upah harian tampak lebih jelas dan lebih terkontrol.

10.Buatlah Skala Prioritas dan Jadwal Pengerjaan Renovasi.

renovasi rumah dengan budget terbatas

Dengan komunikasi yang intens kepada mandor buatlah skala prioritas renovasi dan jadwal pengerjaan renovasi rumah, agar pekerjaan dapat efisien dan berjalan lancar.

Share:

1 thought on “10 Tips Renovasi Rumah dengan Budget Terbatas”

  1. Pingback: Desain dan Denah Rumah Minimalis Kecil Terbaru - Trenrumah

Leave a Comment

Your email address will not be published.